Jumat, 25 Desember 2015

100 Tokoh yang Mengubah Indonesia

100 Tokoh yang Mengubah Indonesia
Ada yang mengatakan bahwa sejarah merupakan riwayat hidup orang-orang besar. Tidak selalu demikian, memang, akan tetapi sulit diingkari bahwa riwayat orang-orang besar itu sendiri merupakan sebagian (mungkin yang terbesar) dari grand narrative sejarah.

Buku ini bermaksud merangkum riwayat hidup tokoh-tokoh besar bangsa Indonesia yang paling berpengaruh di abad keduapuluh. Mereka bisa merupakan tokoh protagonis, bisa juga tokoh antagonis. Mereka bisa saja seorang pahlawan pemersatu bangsa,bisa pula seorang tokoh gerakan separatis. Mereka bisa seorang tokoh politik, bisa pula datang dari dunia seni atau bisnis. Kriterianya, apa yang yang telah mereka perbuat memberi pengaruh bagi bangsa ini dalam kurun waktu yang lama, barangkali jauh lebih lama dibandingkan hidup mereka sendiri. Pemuatan nama-nama tokoh diurutkan berdasarkan alfabet, dan tidak didasarkan pada besar atau kecilnya pengaruh mereka terhadap sejarah Indonesia.

Tokoh-tokoh yang dimuat dalam buku ini memang hanya memiliki peran kuat dalam sejarah negeri ini di abad 20. Oleh karena itu, jiwa-jiwa besar seperti Pangeran Diponegoro, Teuku Umar, Tuanku Imam BonjoI, Gadjah Mada, Pattimura, dan banyak nama lain yang berkiprah sebelum abad 20, belum karni cantumkan dalam buku ini. Begitu pula mereka yang mendapatkan momentum perjuangannya baru datang setelah abad 20 berakhir, seperti Susilo Bambang Yudhoyono, belum dimuat di sini. Bukan berarti apa yang mereka lakukan tidak cukup berharga, namun kami memiliki rencana menerbitkan volume khusus untuk memuat seluruh tokoh bangsa dalam sejarah Nusantara.

Mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi para pembaca.

Detail Buku :

Judul : 100 Tokoh yang Mengubah Indonesia
Penyusun : Floriberta Aning S
Penerbit : Penerbit NARASI
ISBN : 979-7564-75-4
Jenis File : PDF
Jumlah Halaman : 305 Hal
Besar file : 9,4 Mb
Download : Google Drive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar