Jumat, 08 Januari 2016

Asmara Nababan Oase Bagi Setiap Kegelisahan

Asmara Nababan Oase Bagi Setiap Kegelisahan
“Legasi atau peninggalan Asmara di Komnas HAM antara lain adalah prinsip bahwa kepentingan satu orang, kepentingan individu, setara dengan kepentingan kolektif. Namun di sisi lain dia bisa menerima apa adanya kepentingan nasional; sesuatu yang jarang diterima para pengiat LSM yang sudah tidak lagi melihat batas-batas nasional.”   (Marzuki Darusman)

“Kami seperti punya kesamaan jiwa. Bisa dikatakan seperti mendengarkan drum atau gendering yang sama, yang tak didengar orang lain. Masing-masing kami, dalam berbagai jalan, tetapi dipandu gendering besar. Sata merasa, kami sejalan. Asmara Nababan, Marzuki Darusman, Albert HAsibuan, dan saya, sejalan. Dua orang Kristen, satu Islam, satu orang Sikh. Para politisi bilang, kami ini awalnya meeting of mind yang belakangan menjelma menjadi meeting of heart.” (Harbrinderjit Singh Dillon)

“Saya mengenal Asmara lebih baik ketika dia menggantikan Baharuddin Lopa sebagai  Sekretaris Jendral Komnas HAM. Asmara adalah sosok yang sabar dan tidak ingin menonjol. Daya analisanya tajam, dan, yang utama, dia sangat bersemangat dalam mempromosikan dan menegakkan HAM. Sebagai Sekjen Komnas HAM dia ada di kantor setiap hari. Kalau saya memerlukan dia untuk Komnas HAM, dia selalu ada di tempat.” (Albert Hasibuan)

“Asmara meyakini demokrasi akan mengubah kondisi ini, meski tak pernah terbayangkan bahwa demokrasi yang terjadi selama bertahun-tahun kemudian masih dipahami sebatas suara mayoritas. Demokrasi jenis itu lebih berkutat di ranah procedural, belum menyentuh substansinya, sehingga tekanan terhadap suatu kelompok dilakukan dengan mengatas-namakan demokrasi.” ( Zoemrotin K. S.)

Detail :

Judul :  Asmara Nababan - Oase Bagi Setiap Kegelisahan
penulis : J. anto dan p. hasudungan sirait
Penerbit : Perkumpulan Demos
ISBN : 978-979-99969-1-6
Jenis File : PDF
Jumlah Halaman : 325
Besar File : 4,26 Mb
Download : Klik Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar