Jumat, 08 Januari 2016

Dokter Berhati Malaikat

Dokter Berhati Malaikat
Gadis kecil yang merintih di tempat tidur dekat pintu itu baru saja tiba dengan ambulans keledai. Farmer lalu melakukan tes spina kepadanya, disaksikan dua dokter muda yang ikut memegangi gadis itu. Urat-urat leher Farmer yang kurus tampak menonjol ketika dia menusukkan jarum. Jeritan keras terdengar dari anak itu: “Li fe-m mal, mwen grangou!” Farmer mendongak, dan untuk sesaat dia menyuarakan dongeng Haiti lagi: “Gadis ini berteriak, ‘Sakit! Aku lapar!’ Bisakah kaupercaya itu? Hanya di Haiti seorang anak menjerit bahwa dia lapar saat menjalani tes spina.”

Dongeng Haiti itu hanyalah satu dari sekian banyak dongeng luka dan kesedihan dalam perbendaharaan hidup Paul Farmer. Tumbuh besar dalam sebuah bus di tempat parkir umum, lalu di atas perahu yang dibeli ayahnya di bursa rongsokan, Farmer menemukan panggilan jiwanya saat menempuh pendidikan di Harvard Medical School: memberikan pertolongan kualitas nomor satu bagi mereka yang paling membutuhkan–kaum miskin.

Melalui Patria Es Humanidad, pemenang Pulitzer, Tracy Kidder mengajak kita menganal Paul Farmer seorang dokter, professor Harvard, pakar antropologi kesehatan dan spesiali di bidang penyakit infeksi, Robin Hood kelas dunia, karakter farmer yang karismatik, brilian, selera humornya yang tak lekang oleh duka dan air mata yang setiap saat mengitarinya, juga kisah kasih Haitinya dengan putri penulis terkemuka Roald Dahl, Ophelia.

Detail :

Judul : Dokter Berhati Malaikat
Judul Asli : Mountains Beyond Mountains
Penulis : Tracy Kidder
Penerjemah : Rahmani Astuti
Penerbit : Qanita
ISBN : 979-3269-18-9
Jenis file : EXE
Jumlah Halaman : 580
Besar file : 1,13 Mb
Download : Google Drive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar